Apa Itu Bulk Store dan Beberapa Rekomendasi yang Bisa Kamu Coba

Apa Itu Bulk Store dan Beberapa Rekomendasi yang Bisa Kamu Coba

21 Nov 2023

Berbicara soal sampah seperti membicarakan satu hal yang tak ada habisnya. Selain sampah plastik, ternyata ada jenis sampah lain yang juga tak kalah bahayanya dan justru sering luput kita sadari. Yup, sampah makanan!

Mengutip dari laman databoks, produksi sampah makanan di Indonesia menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara. Menurut data Program Lingkungan PBB (UNEP), Indonesia menghasilkan 20,93 juta ton sampah makanan setiap tahunnya.

Selain kondisi tersebut kontradiktif dengan fakta masih adanya masyarakat yang menderita kelaparan, sampah makanan yang juga memiliki dampak buruk bagi lingkungan. Karena, sampah makanan yang membusuk akan melepaskan emisi gas rumah kaca yang jumlahnya bisa mencapai puluhan ton.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Indonesia, pada tahun 2018 sebanyak 44% timbulan sampah di Indonesia merupakan sampah makanan. Indonesia juga diklaim sebagai negara penghasil FLW atau food loss and waste terbesar ke dua di dunia dengan perkiraan mencapai 300 kg per kapita per tahun.

Tentu, bisa kamu bayangkan berapa banyak emisi gas rumah kaca yang akan dilepaskan? Maka dari itu, perlu upaya dan solusi untuk mengatasi maupun mencegah makin banyaknya sampah makanan. Salah satu upaya dan solusi tersebut yaitu melalui bulk store.

Baca juga: Lego dan Berbagai Macam Inisiasi Ramah Lingkungannya

Apa itu Bulk Store?

Bulk store atau gerai curah sederhananya adalah toko yang memungkinkan pembeli atau customer membeli barang-barang dalam jumlah grosir atau bulk. Cara ini bisa menjadi alternatif untuk menekan jumlah sampah makanan. Sebab, pembeli bisa menakar dan membeli sesuai dengan kebutuhannya. Dengan tujuan, makanan yang terbeli tidak ada yang sisa dan terbuang.

Berbelanja di bulk store juga mendukung budaya ramah lingkungan, karena pembeli diminta untuk membawa wadahnya sendiri. Jadi, kita dilatih untuk terbiasa hidup bebas sampah.

Bulk Store

Bulk Store atau toko zero-waste memang bertujuan untuk mengurangi sampah plastik dari segi kemasan sehingga tidak meninggalkan dampak serius terhadap lingkungan. Toko zero-waste menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari tanpa menggunakan kemasan, di mana para konsumeb bisa langsung memindahkan produk yang mereka inginkan langsung ke wadah yang mereka bawa dengan jumlah yang diinginkan.

Prinsipnya adalah pelanggan bulk store membawa wadah dari rumah dan mengisinya dengan produk yang ingin dibeli secara curah. Kamu bisa membawa toples, botol kaca, tas katun, dan apapun selain plastik dan wadah sekali pakai. Intinya, pakai wadah yang bisa digunakan berkali-kali.

Dengan demikian, bulk store tidak hanya menjual barang atau makanan dalam jumlah besar dan curah. Namun, satu hal yang lebih penting adalah konsep ini menghilangkan bungkus plastik yang biasanya kita dapat saat membeli sebuah produk atau makanan.

Konsep ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menghentikan barang sekali pakai yang merusak ekosistem karena sulit terurai. Selain ramah lingkungan, ini juga membuat masyarakat menjadi lebih bersih, hemat, dan sehat.

Rekomendasi Bulk Store yang Patut Kamu Coba

Tertarik mencoba berbelanja di bulk store? Berikut ini ada beberapa rekomendasi yang patut kamu coba. Apa saja?

1. Artani Bulk Store

Buat kamu yang berada di Makassar dan sekitarnya bisa mampir di Artani Bulk Store. Toko ini menjual produk pertanian, organik, dan produk rumahan ramah lingkungan. Artani mendorong kebiasaan belanja tanpa kemasan plastik sekali pakai.

Mengusung tagline ‘Beli Secukupnya, Pakai Secukupnya’, Artani mencoba mengedukasi dan mendorong orang-orang untuk menormalisasi beli sesendok atau dalam jumlah sedikit untuk menghindari sampah makanan yang ujungnya merusak lingkungan.

Kalau kamu tertarik langsung aja kunjungi akun Instagram @artani.id.



2.Bumi Bulk Store and Refillery Brand

Selanjutnya, kita geser ke Pulau Bali. Bumi Bulk Store and Refillery Brand adalah suatu toko yang menjual barang kebutuhan rumah tangga berbasis zero waste product. Produk yang dijual di toko ini adalah produk yang ramah lingkungan yang diperoleh dari alam dengan sedikit dan bahkan tanpa campuran bahan kimia.

Info lebih lanjut kamu bisa cek di akun Instagram @bumibulkstore

3. Ekko Store

Ekko Store merupakan toko produk ramah lingkungan penyedia berbagai kebutuhan untuk menjalani hidup lebih minim sampah. Ada berbagai produk yang tersedia, mulai dari tisu kain, tas belanja ramah lingkungan, tumblr, safety razor, menstrual cup, hingga sabun organik bisa kamu temukan di Ekko Store. Kehadiran Ekko Store harapannya bisa memudahkan konsumen dalam perlahan-lahan melakukan transisi barang-barang sekali pakai ke  produk pakai ulang.

Bulk store yang berada di Jakarta ini bisa kamu cek akun Instagramnya di @ekko.store

Baca juga: 4 Contoh Ide Penghijauan Anti Mainstream dan Kreatif

Manfaat Belanja di Bulk Store? 

Dengan berbelanja di bulk store ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan. Selain mendukung upaya pelestarian lingkungan tentunya, berikut ini manfaat lingkungan dan ekonomi yang akan kamu dapat:

  • Membantu mengurangi plastik yang biasa digunakan dalam pengemasan dan menghargai kelestarian lingkungan. Mengingat, produk biasanya dikemas secara curah dan dalam wadah yang tersedia.
  • Berkontribusi untuk mengurangi limbah makanan di rumah. Konsep belanja satu ini memungkinkan konsumen untuk membeli dalam jumlah yang benar-benar dibutuhkan dan dapat dikonsumsi sebelum kadaluarsa. Cara ini bisa jadi lebih hemat dan menekan sisa makanan yang terbuang.
  • Bulk store sering menawarkan produk dengan kualitas dan kriteria tertentu seperti produk yang bersertifikat organik, produksi etis, atau produk-produk lokal.

LindungiHutan Membantu Brand Anda Mewujudkan Aksi Pelestarian Lingkungan

Bersama LindungiHutan, brand Anda dapat lebih mudah merencanakan, melaporkan, dan menjalankan program penghijauan sepanjang tahun yang melibatkan lebih banyak orang dan mendukung dampak kebaikan brand Anda


Kategori

Lihat Cerita Lainnya

Ecolify.org For Future Worth Living
Ecolify.org For Future Worth Living Ecolify.org For Future Worth Living

Ecolify adalah platform yang memudahkan organisasi, instansi dan perusahaan untuk menjalankan projek sosial penanaman pohon secara transparan dan berkelanjutan.

Hubungi kami

email:
kartika[at]lindungihutan.com

wa / phone:
+62 813 2918 1389

location:
Jalan Lempongsari 1 No. 405, Semarang, Indonesia

legal info:
Keputusan MENKUMHAM NOMOR AHU-0003033.AHA.01.04.

Ikuti Kami

Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living

LindungiHutan c 2020 - made with conscience "for a future worth living"