POLUTREE: Inisiatif Hijau untuk Mengurangi Emisi Karbon di Perusahaan Anda

POLUTREE: Inisiatif Hijau untuk Mengurangi Emisi Karbon di Perusahaan Anda

23 Sep 2024

POLUTREE: Inisiatif Hijau untuk Mengurangi Emisi Karbon di Perusahaan Anda

Pada tahun 2024, Indonesia berada di urutan ke-14 dari 134 negara dengan kualitas udara terburuk, menunjukkan adanya persoalan lingkungan yang signifikan. Selain itu, emisi gas rumah kaca dari sektor transportasi di Indonesia terus meningkat, dengan jumlah mencapai 57,07 juta ton setara karbon dioksida pada 2021.

Hal ini menjadi salah satu faktor utama yang memperparah polusi udara dan memicu pemanasan global. Situasi tersebut mendorong LindungiHutan untuk meluncurkan program baru bernama "POLUTREE".

Program ini menawarkan solusi nyata untuk mengurangi emisi karbon dengan melakukan penanaman pohon, guna menekan jejak karbon yang dihasilkan dari sektor transportasi dan logistik, yang menjadi penyumbang besar emisi karbon di Indonesia.

Mengapa POLUTREE Hadir?

Indonesia termasuk salah satu negara penyumbang emisi gas rumah kaca terbesar di dunia, terutama dari sektor transportasi. Kegiatan logistik, pergerakan industri, dan transportasi harian masyarakat berperan besar dalam peningkatan emisi karbon. Dampaknya pun sangat nyata:

  • Kualitas udara menurun drastis, menyebabkan berbagai masalah kesehatan,
  • biodiversitas terancam karena kerusakan lingkungan akibat polusi dan perubahan iklim,
  • suhu udara meningkat, memperburuk dampak dari pemanasan global.

Baca juga: Kesan Kolaborasi Penanaman Pohon TISOO Bersama LindungiHutan, Bagaimana Hasilnya?

Bagaimana Perusahaan Anda Bisa Terlibat dalam Inisiatif Program POLUTREE?

LindungiHutan menyediakan wadah bagi berbagai pihak untuk berkontribusi dalam kegiatan penghijauan, sekaligus mendukung kampanye Clean Air Day guna memperbaiki kualitas udara di Indonesia.

Melalui teknologi penghitungan emisi karbon dan sistem pemantauan yang terpadu, POLUTREE menghadirkan pendekatan komprehensif dalam mengurangi emisi karbon serta meningkatkan kesadaran masyarakat.

Program POLUTREE menawarkan dua skema kolaborasi utama yang memungkinkan perusahaan maupun individu berpartisipasi dalam penanaman pohon dan pengurangan emisi karbon, dengan manfaat jangka panjang bagi lingkungan serta keberlanjutan bisnis.

1. Skema Imbangi untuk B2B

Skema Imbangi diperuntukkan bagi perusahaan yang ingin menunjukkan komitmen mereka terhadap keberlanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Melalui skema ini, perusahaan dapat mengkompensasi emisi karbon yang dihasilkan dari operasi bisnis mereka, terutama di sektor logistik dan transportasi, dengan cara menanam pohon.

Skema ini akan hadir dengan layanan komprehensif yang mencakup:

  • Penghitungan emisi (emission calculation): Teknologi penghitungan emisi berbasis data untuk menghitung berapa banyak karbon yang dihasilkan oleh aktivitas bisnis perusahaan
  • Penanaman (Planting): Pelaksanaan program penanaman pohon sebagai bagian dari upaya pengurangan karbon.
  • Pemantauan dan pelaporan (Monitoring & Report): Setiap pohon yang ditanam akan dipantau pertumbuhannya oleh LindungiHutan dan perusahaan Anda akan mendapatkan laporan berkala mengenai dampak dari pohon-pohon yang ditanam terhadap penyerapan karbon dan peningkatan kualitas udara.
Baca juga: Pengalaman Kolaborasi Penanaman Mangrove Dus Duk Duk dengan LindungiHutan

2. Skema Offset Campaign

Selain pendekatan B2B, POLUTREE juga menyediakan skema offset campaign yang memungkinkan perusahaan menyelaraskan aktivitas komersial perusahaan Anda dengan aksi nyata dalam mendukung pelestarian lingkungan melalui donasi pohon.

Skema ini dapat membantu perusahaan membangun hubungan yang lebih dalam dengan konsumen dan user, baik yang sudah ada maupun yang potensial, dengan mempromosikan kampanye penanaman pohon melalui API yang terintegrasi dalam platform bisnis mereka.

Skema ini memungkinkan konsumen dan user perusahaan Anda dapat berkontribusi secara langsung dalam kegiatan penanaman pohon dengan cara yang sederhana seperti:

  • API Integration dari fitur campaign website dan carbon calculator IMBANGI,
  • Offset report dari penggunaan carbon calculator dari para user dan donatur pohon untuk offset

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 40+ Lokasi Penanaman Bersama 500+ Brand dan Perusahaan

Apa yang Kami Lakukan? Hubungi Kami!

Kategori

Lihat Cerita Lainnya

Ecolify.org For Future Worth Living
Ecolify.org For Future Worth Living Ecolify.org For Future Worth Living

Ecolify adalah platform yang memudahkan organisasi, instansi dan perusahaan untuk menjalankan projek sosial penanaman pohon secara transparan dan berkelanjutan.

Hubungi kami

email:
kartika[at]lindungihutan.com

wa / phone:
+62 813 2918 1389

location:
Jalan Lempongsari 1 No. 405, Semarang, Indonesia

legal info:
Keputusan MENKUMHAM NOMOR AHU-0003033.AHA.01.04.

Ikuti Kami

Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living

LindungiHutan c 2020 - made with conscience "for a future worth living"