Contoh CSR Perusahaan dan Referensi Program Menarik untuk Dilakukan

Contoh CSR Perusahaan dan Referensi Program Menarik untuk Dilakukan

11 Jul 2024

Contoh CSR Perusahaan dan Referensi Program Menarik untuk Dilakukan

Dalam dunia bisnis modern, praktik CSR menjadi semakin penting sebagai wujud kontribusi positif perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Artikel ini akan mengulas berbagai contoh CSR perusahaan yang dapat menjadi inspirasi Anda.

5 Contoh CSR Perusahaan

Berikut ini ada beberapa contoh kegiatan CSR dari perusahaan baik itu di dalam negeri maupun luar negeri. Baik itu di sektor lingkungan, sosial, dan lain sebagainya. Harapannya program CSR berikut ini dapat menginspirasi perusahaan Anda!

1. Tokopedia Tanam 13. 000 Pohon Mangrove

Sebagai bentuk concern terhadap isu perubahan iklim, Tokopedia mengajak para Nakama (karyawan Tokopedia) melakukan penanaman mangrove di Ekowisata Mangrove PIK Jakarta Utara pada bulan Juni 2022. Bersamaan dengan bulan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Tokopedia menanam 13.000 mangrove di Jakarta, Bekasi, Semarang, Bali, Makassar, Bontang, hingga Kabupaten Toli-Toli.

Menggandeng LindungiHutan, Tokopedia berharap program CSR penanaman mangrove ini akan betul-betul memberikan dampak positif kepada lingkungan, mengingat setelah penanaman, akan dilakukan monitoring secara berkala oleh petani setempat. 

Pelibatan mitra petani setempat dalam proses penanaman dan monitoring juga diharapkan akan memberikan manfaat ekonomis kepada masyarakat. Alhasil program CSR selain berdampak baik untuk lingkungan, juga bermanfaat bagi masyarakat secara berkelanjutan. 

2. Contoh CSR Perusahan GoGreener GOJEK

Program ini sebetulnya adalah inisiatif sustainability yang dilakukan oleh perusahaan. Gojek dalam hal ini sukses menerapkan inisiatif berkelanjutannya dalam berbagai fitur dan kebijakan bisnisnya. Dalam rangka menekan dan mengurangi konsumsi jejak karbon, Gojek memutuskan untuk mengadopsi kendaraan listrik atau EV yang mungkin saat ini sudah bisa Anda temui di jalanan. 

Sementara di lini GoFood, Gojek memfasilitasi para merchant-nya paper bag untuk mengganti kemasan plastik sekali pakai. 

Bukan hanya itu, para pengguna dan pelanggan juga bisa ikut menghitung jejak karbon melalui fitur carbon calculator. Integrasi kalkulator jejak karbon ini memungkinkan pengguna jejak karbon dari aktivitasnya bersama Gojek maupun dengan kendaraan pribadi. 

Baca juga: Program CSR Mesti Berkelanjutan? Simak Penjelasannya Praktisi

3. Program Woman Communi-tree Urban Farming

Contoh CSR perusahaan di Indonesia berikutnya datang dari BUMN BRI. Program CSR bank BRI ini membantu dalam pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Parupuk Tabing Kota Padang. 

BRI memberikan bantuan pembangunan infrastruktur seperti rumah tanaman dan rumah kaca, serta menyediakan bibit tanaman seperti sayuran, buah-buahan, tanaman obat keluarga, dan media tanam untuk urban farming.

Hasilnya, program CSR ini dinilai memiliki dampak sosial signifikan, melihat angkat SROI-nya yang mencapai 2,93 atau di atas 1.

4. Main Game, Contoh CSR Perusahaan Unik yang Dilakukan EA (Electronic Arts)

Siapa sangka, EA, masuk ke dalam contoh perusahaan yang menerapkan CSR dengan nuansa yang unik tetapi relevan. Program CSR EA fokus pada bidang-bidang pendidikan STEAM (Science, technology, engineering, arts, and Mathematics). EA memanfaatkan daya tarik universal dan sifat menghibur dari bermain untuk mendorong program pengembangan pendidikan dan komunitas. 

Dengan memanfaatkan konsep bermain, EA menciptakan program CSR yang sesuai dengan mereknya, karyawannya, maupun audiens globalnya dengan cara yang autentik dan dapat diterima atau relate.

5. Psychological First Aid oleh Allianz Indonesia

Saat terjadi gempa di Sulawesi Tengah, Allianz Indonesia menjalankan inisiatif CSR untuk membantu korban bencana dengan program yang disebut Pertolongan Pertama Psikologis (PFA). Allianz Indonesia menyadari bahwa korban bencana tidak hanya memerlukan bantuan fisik tetapi juga dukungan emosional.

Dengan program CSR ini, sebanyak 2.670 individu di Palu, Sigi, dan Donggala menerima dukungan PFA menggunakan metode Theraplay dari Yayasan PION. Selain itu, 45 orang dilatih sebagai pelatih agar dapat memberikan dukungan serupa kepada korban lainnya.

Baca juga: Apa Itu ISO 2600 dalam Program CSR Berdampak dan Berkelanjutan

Rekomendasi Kegiatan CSR Perusahaan yang Bisa Anda Ikuti

Program CSR perusahaan Anda sangat bisa sekali diselaraskan dengan kondisi dan concern situasi saat ini. Termasuk juga selaras dengan komitmen pemerintah dalam hal ini upaya mitigasi perubahan iklim.

Dalam rangka mencapai solusi persoalan perubahan iklim, pemerintah Indonesia mendeklarasikan target penurunan emisi. Dalam dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) terbaru, Indonesia menaikkan target pengurangan emisi menjadi 31,89% di tahun 2030 mendatang dengan target dukungan internasional sebesar 43,20%.

Sektor swasta tentu juga bisa ikut berkontribusi menekan/mengurangi konsumsi emisi karbon. Salah satunya dengan melakukan carbon offset melalui penanaman mangrove.

Program CSR penanaman mangrove selain bermanfaat ekologis mencegah abrasi kawasan pesisir juga efektif peranya sebagai ekosistem karbon biru. 

Mangrove menyerap karbon dioksida melalui biomassa yang terdiri dari bagian atas tanah (cabang, ranting, daun, bunga, buah) serta bagian dalam tanah seperti akan. Sebagian besar karbon, mencapai 50-90% dari totalnya, disimpan di dalam tanah. 

Menurut penelitian, ekosistem mangrove dapat menyimpan hingga 20 Pg C, dengan sebagian besar, 70-80% disimpan sebagai bahan organik di dalam tanah. 

Jadi, penanaman mangrove seharusnya bisa masuk dalam contoh program CSR yang perusahaan Anda dapat lakukan. Ingat, program CSR yang berdampak dan berkelanjutan!


LindungiHutan Menanam 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman Bersama 500+ Perusahaan dan Brand

Apa yang Kami Lakukan? Wujudkan Program CSR Berdampak Berkelanjutan!


Kategori

Lihat Cerita Lainnya

Ecolify.org For Future Worth Living
Ecolify.org For Future Worth Living Ecolify.org For Future Worth Living

Ecolify adalah platform yang memudahkan organisasi, instansi dan perusahaan untuk menjalankan projek sosial penanaman pohon secara transparan dan berkelanjutan.

Hubungi kami

email:
kartika[at]lindungihutan.com

wa / phone:
+62 813 2918 1389

location:
Jalan Lempongsari 1 No. 405, Semarang, Indonesia

legal info:
Keputusan MENKUMHAM NOMOR AHU-0003033.AHA.01.04.

Ikuti Kami

Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living

LindungiHutan c 2020 - made with conscience "for a future worth living"