Intip Trend dan Temuan Fakta Kondisi Lokasi Penanaman LindungHutan dalam Publikasi Ilmiah di Widyantara!

Intip Trend dan Temuan Fakta Kondisi Lokasi Penanaman LindungHutan dalam Publikasi Ilmiah di Widyantara!

22 Jan 2024

Intip Trend dan Temuan Fakta Kondisi Lokasi Penanaman LindungHutan dalam Publikasi Ilmiah di Widyantara!


Sejak tahun 2016, LindungiHutan telah aktif berinovasi dan menciptakan inisiatif baru untuk mengoptimalkan pencapaian misi dan tujuan kami dalam upaya melestarikan hutan dan lingkungan. Dalam prosesnya, upaya tersebut melibatkan penelitian dan publikasi ilmiah yang dilakukan oleh tim Rnd/product LindungiHutan.

Publikasi ilmiah dan penelitian yang kami lakukan memiliki peran penting dalam mendukung upaya penanaman pohon, konservasi hutan, serta penyelamatan lingkungan secara lebih luas. Semua ini didasarkan pada pemahaman ilmiah yang mendalam, komprehensif, dan dapat diimplementasikan. Selain berkolaborasi dengan mitra petani lokal, proses penghijauan yang kami lakukan juga berdasarkan pada kajian maupun riset ilmiah, sehingga diharapkan akan meningkatkan keberhasilan dan efektivitasnya.

Hingga saat ini, kami telah menanam sekitar 790 ribu pohon bersama dengan 118 mitra petani lokal di lebih dari 45 lokasi penanaman di seluruh Indonesia. Sepanjang proses ini pula, kami melakukan penelitian baik di lapangan maupun berdasarkan sumber-sumber literatur. Hasil riset ini berupa artikel ilmiah dan publikasi karya ilmiah yang dapat diakses secara gratis melalui blog LindungiHutan di kolom “Widyantara”.

Baca juga: Peran Hutan Alami yang Efektif Menyerap Karbon, Sudahkah Kita Menjaganya?

Hasil Publikasi Ilmiah LindungiHutan di Widyantara

Dengan kata lain, publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh LindungiHutan kemudian dikompilasi dalam wadah yang disebut Widyantara. Tujuan dari inisiatif ini tidak hanya untuk mendukung tindakan LindungiHutan di lapangan dalam penanaman dan penghijauan, tetapi juga untuk menjadikannya sebagai sumber bacaan yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat untuk meningkatkan pemahaman tentang lingkungan.

“LindungiHutan ingin berkontribusi sebagai wadah literasi lingkungan gitu sih, jadi kaya ikut berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dalam bentuk literasi, sehingga masyarakat bisa lebih sadar dan paham dengan kondisi lingkungan hingga soal iklim,” Ujar Alma Cantika Arista Rnd/Product Executive

Di dalam Widyantara, terdapat publikasi ilmiah dari LindungiHutan yang akan mencakup hasil penelitian serta temuan dari berbagai kegiatan, seperti penanaman pohon, penggalangan dana, program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR), dampak yang terjadi baik secara ekologi maupun sosial, serta masalah yang terkait dengan karbon, termasuk tinjauan literatur. Penelitian ini kemudian akan disusun dalam berbagai format, seperti artikel ilmiah, ebook, jurnal, mini paper, dan infografis yang berlandaskan pada penelitian ilmiah.

Artikel ilmiah dan publikasi karya ilmiah yang dihasilkan oleh LindungiHutan di Widyantara diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan. Bagi internal LindungiHutan sendiri hasil penelitian ini akan menjadi landasan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan inovasi yang dapat ditingkatkan.

LindungiHutanberkomitmen agar penanaman pohon benar-benar memiliki dampak yang merata dan berkelanjutan. Sementara itu, untuk masyarakat umum dan pembaca, melalui Widyantara, LindungiHutan berupaya ikut meningkatkan kesadaran tentang isu-isu lingkungan, teknologi, dan iklim dengan memberikan akses mudah ke materi bacaan yang relevan.

Baca juga: Climate Justice, tentang Siapa yang Merusak dan Terkena Dampak

Daftar Publikasi Karya Ilmiah LindungiHutan di Widyantara

Sebagai gambaran, berikut ini beberapa publikasi ilmiah LindungiHutan yang bisa Anda baca di blog LindungiHutan:

Hingga Saat Ini LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 45+ Lokasi Penanaman yang Ada

Dalam prosesnya kami juga melibatkan kelompok masyarakat setempat selama melakukan penanaman, pengelolaan, hingga monitoring pohon.


Kategori

Lihat Cerita Lainnya

Ecolify.org For Future Worth Living
Ecolify.org For Future Worth Living Ecolify.org For Future Worth Living

Ecolify adalah platform yang memudahkan organisasi, instansi dan perusahaan untuk menjalankan projek sosial penanaman pohon secara transparan dan berkelanjutan.

Hubungi kami

email:
kartika[at]lindungihutan.com

wa / phone:
+62 813 2918 1389

location:
Jalan Lempongsari 1 No. 405, Semarang, Indonesia

legal info:
Keputusan MENKUMHAM NOMOR AHU-0003033.AHA.01.04.

Ikuti Kami

Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living

LindungiHutan c 2020 - made with conscience "for a future worth living"