Bagaimana Manfaat Penghijauan untuk Masyarakat?

Bagaimana Manfaat Penghijauan untuk Masyarakat?

3 Apr 2020

Pada umumnya, definisi penghijauan mengacu pada bentuk kegiatan yang dipahami masyarakat luas sebagai pelaksanaan aksi penanaman pohon. Penghijauan merupakan salah satu upaya yang banyak dilakukan masyarakat sebagai jalan untuk menangani krisis lingkungan, termasuk untuk mengurangi tingkat pemanasan global yang semakin meninggi seiring berkurangnya usia Bumi. Oleh karena manfaat penghijauan sangat banyak untuk mendukung kelangsungan hidup manusia, sudah seharusnya program penghijauan dijadikan kegiatan Nasional di seluruh Indonesia. 

Nah, berikut ini merupakan manfaat penghijauan bagi masyarakat dan lingkungan serta tips bagaimana agar program penghijauan yang dijalankan bisa berhasil!

Manfaat Penghijauan Bagi Masyarakat dan Lingkungan

Penghijauan memiliki manfaat yang beragam sejalan dengan beribu manfaat hutan dengan pohon di dalamnya. Selain untuk lingkungan di sekitar lokasi pelaksanaan penghijauan, masyarakat di belahan dunia lain pun terbantu dengan aksi penghijauan yang dilaksanakan di Indonesia. Berikut beberapa manfaat penghijauan bagi masyarakat dan lingkungan:

manfaat penghijauan

  • Mencegah terjadinya bencana alam

Penghijauan dapat mengoptimalkan kembali fungsi tanah pada sebuah lahan. Dengan menanam sebuah pohon pada sebuah lahan tandus, akar pohon dapat bekerja untuk menjadi resapan air di wilayah tersebut. Banjir ataupun longsor yang kerap kali terjadi di musim penghujan, dapat terhindarkan dengan adanya penghijauan di wilayah tandus ini. Tanah longsor dan banjir terjadi akibat tingginya curah hujan sebuah wilayah, serta adanya kemiringan tanah yang tidak disertai dengan aksi penghijauan. Menanam beberapa pohon saja, sudah dapat menyelamatkan nyawa berpuluh-puluh warga dari bahaya bencana alam yang terjadi akibat ulah manusia itu sendiri.

Selengkapnya : CSR Lingkungan Hidup untuk Pelestarian Alam

  • Dapat berfungsi sebagai antidepresan

Dilansir dari nationalgeographic.grid.id, para dokter di Manchester, Inggris mulai meresepkan berbagai jenis tumbuhan yang dapat ditanam sebagai obat antidepresan. Hal ini dilakukan para dokter tersebut karena merawat tanaman ataupun berkebun dapat menimbulkan perasaan senang bagi orang-orang yang memiliki gangguan kecemasan. Para dokter tersebut tidak akan memberikan para pasiennya obat penenang, tetapi mereka akan diberikan satu pot tanaman herbal ataupun sayuran sebagai gantinya.

  • Penghijauan di  perkotaan dapat bernilai estetik

Penghijauan di daerah perkotaan juga sangat diperlukan, mengingat setiap tahunnya penumpukan polusi udara semakin meningkat. Penghijauan pada area kota juga dapat dirancang sedemikian rupa sehingga bernilai estetik seperti yang telah dilakukan oleh ibu Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Bu Risma mempercantik Surabaya dengan bunga Tabebuya yang nampak seperti bunga Sakura khas Jepang ketika bermekaran. Selain bernilai estetik, penanaman bunga Tabebuya juga bermanfaat sebagai pelindung kota, membuat udara perkotaan menjadi lebih bersih, serta dapat menjadi pupuk dan tanaman hias. Bunga Tabebuya juga dapat digunakan sebagai tanaman penangkal flu dan malaria.

Tips Menjalankan Program Penghijauan untuk Perusahaan Anda

LindungiHutan menyiapkan tiga tips penting untuk perusahaan Anda sebelum menjalankan program penghijauan. Paling tidak, persiapkan tiga hal berikut ini terlebih dahulu:

1. Memilih Mitra Pelaksanaan Penghijauan

Mitra pelaksanaan memegang peran penting dalam menjalankan program penghijauan. Sebab, mereka lah yang akan membantu perusahaan Anda dalam memilih lokasi penanaman, membantu penyelenggaraan teknis event, hingga pelaporan dan monitoring pohon.

Perusahaan Anda dapat berkolaborasi dengan LindungiHutan yang sampai saat ini sudah menanam lebih dari 700 RIBU pohon di 50+ lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia. Jangan lupa simak cerita penanaman LindunngiHutan bersama Arkadia Works dalam artikel "No Ribet, No Repot! Pengalaman Arkadia Works Kolaborasi Penanaman Bersama LindungiHutan"

2. Menentukan Lokasi Penanaman dan Jenis Pohon

Lokasi program penghijauan tentu tidak bisa dengan asal pilih saja. Karena bagaimanapun juga lokasi penanaman mestinya memang membutuhkan upaya penghijauan atau restorasi lingkungan. Dalam hal ini, masyarakat setempat sebagai pohak yang memahami betul kondisi di lapangan mesti dilibatkan dalam program penghijauan perusahaan Anda. 

Bersama LindungiHutan, perusahaan Anda dapat menjalankan program penghijauan di +50 lokasi penanaman di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, hingga Sulawesi. Lokasi penanaman tersebut merupakan areal yang memang memerlukan upaya-upaya restorasi dan penghijauan. Kami juga menggandeng Mitra Petani setempat untuk membantu dalam penyediaan bibit, penanaman, hingga perawatan dan monitoring pohon.

3. Monitoring Pertumbuhan Pohon

Program penghijauan yang baik bukan hanya berhenti di menanam pohon. Melainkan juga memastikan betul-betul pohon yang ditanam tumbuh dan memberikan manfaat. Maka dari itu, LindungiHutan melalui fitur monitoring memberikan laporan penanaman pohon secara berkala kepada Anda guna memastikan kondisi pohon yang sudah ditanam. 

monitoring penghijauan

Bagaimana kondisi pertumbuhannya? Berapa serapan emisi karbonnya? Serta, data-data lainnya. Laporan tersebut dapat diakses dengan mudah melalui halaman Kampanye Alam yang ada di website www.lindungihutan.com

Selengkapnya: Apa Itu Ekonomi Biru? Apa Saja Isunya dan Bagaimana Penerapannya di Indonesia?

Tertarik Menjalankan Program Penghijauan Bersama LindungiHutan?

Hingga saat ini LindungiHutan menanam lebih dari 700 RIBU pohon di 50+ lokasi penanaman yang ada. Dalam prosesnya, kami juga melibatkan kelompok masyarakat setempat selama melakukan penanaman, pengelolaan, hingga monitoring pohon.

Apa yang LindungiHutan Lakukan?



(Artikel Kolaborasi Intan Widianti Kartika Putri dan Aulia Rahayu Pratiwi C / Ecolify)

Ecolify merupakan platform konservasi lingkungan yang akan menghubungkan perusahaan, komunitas, organisasi, brand hingga individu, untuk bersama menghijaukan Indonesia dengan prinsip keberlanjutan dan transparansi. Kami akan selalu membuka peluang kolaborasi dan membantu meningkatkan inisiatif Tanggung Jawab Perusahaan anda. Mari, bersama menghijaukan Indonesia karena Bumi layak mendapatkan pemulihan terbaik dari inisiatif kolaborasi penduduknya. https://ecolify.org

 

 


Kategori

Lihat Cerita Lainnya

Ecolify.org For Future Worth Living
Ecolify.org For Future Worth Living Ecolify.org For Future Worth Living

Ecolify adalah platform yang memudahkan organisasi, instansi dan perusahaan untuk menjalankan projek sosial penanaman pohon secara transparan dan berkelanjutan.

Hubungi kami

email:
kartika[at]lindungihutan.com

wa / phone:
+62 813 2918 1389

location:
Jalan Lempongsari 1 No. 405, Semarang, Indonesia

legal info:
Keputusan MENKUMHAM NOMOR AHU-0003033.AHA.01.04.

Ikuti Kami

Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living

LindungiHutan c 2020 - made with conscience "for a future worth living"