Apa Saja Fungsi CSR di Sebuah Perusahaan?

Apa Saja Fungsi CSR di Sebuah Perusahaan?

15 Apr 2020

CSR yang merupakan kepanjangan dari Corporate Social Responsibility adalah sebuah konsep, tindakan, serta tanggung jawab sebuah perusahaan dalam bentuk kegiatan sosial untuk masyarakat dan lingkungan agar alur produksi yang menunjang bisnisnya tidak merugikan, mengganggu, ataupun bertentangan dengan sekitarnya. Kegiatan yang dilakukan CSR di tiap-tiap perusahaan dapat berbeda antara satu dengan yang lain, dan umumnya dapat berupa kontribusi pemeliharaan lingkungan yang ada di sekitar perusahaan, pendirian fasilitas umum, peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar perusahaan, serta pemberian bantuan beasiswa kepada anak yang sekiranya kurang mampu dan banyak kegiatan sosial lain yang dijalankan. Lalu apa saja sebenarnya fungsi CSR di perusahaan?

Buku yang berjudul “Social Responsibilities of the Businessman” karya Howard R.Bowen yang rilis pada tahun 1953, menjadi awal mula masuknya CSR ke dalam kegiatan bisnis dan usaha. Buku ini membuat para pelaku bisnis menjadi sadar untuk memperhatikan aspek sosial dan lingkungan dalam menjalankan bisnisnya. Selain itu, dengan adanya CSR, image sebuah perusahaan akan membaik beriringan dengan cerita baik yang keluar dari mulut ke mulut.

Baca Lainnya : Platform Konservasi Lingkungan Itu Bernama LindungiHutan

Dasar hukum sebuah perusahaan membentuk peranan CSR adalah Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas Pasal 74 ayat 1 yang berbunyi, “Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.“  

Apa Saja Fungsi CSR di Dalam Sebuah Perusahaan?

Apa Saja Fungsi CSR di Sebuah Perusahaan?

Lalu, Apa saja fungsi sebuah CSR di dalam Perusahaan? 

  • Sebagai wadah untuk mengakses sumber daya

CSR di sebuah perusahaan, jika pengelolaannya apik dan diatur sedemikian rupa, maka akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Salah satunya, CSR dapat meningkatkan daya saing perusahaan dan mempermudah perusahaan untuk mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan. Citra perusahaan di kalangan sumber daya akan menjadi baik dan perusahaan yang memiliki CSR di dalamnya, akan lebih sering dicari.

  • Sebagai pembangun hubungan baik dengan regulator

Adanya CSR tidak hanya diperuntukkan menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat, tetapi juga dapat membuat hubungan perusahaan dengan pemerintah membaik.Beberapa program CSR biasanya dapat meringankan beban pemerintah sebagai regulator. Pada umumnya, pemerintah yang sebenarnya bertanggung jawab besar atas kesejahteraan lingkungan dan masyarakat. Tetapi, dengan hadirnya CSR, beban pemerintah dapat dikurangi oleh berbagai pihak. 

  • Meningkatkan hubungan baik dengan pihak lain yang terlibat 

Selain menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat serta regulator, hadirnya CSR juga dapat memperbaiki dan meningkatkan hubungan baik perusahaan dengan stakeholder (konsumen, pemilik saham, dan karyawan) perusahaan, termasuk pemegang saham. Hadirnya program CSR dapat mempermudah komunikasi antara stakeholder dengan perusahaan, karena perusahaan yang memiliki CSR di dalamnya, pada umumnya memiliki track record kegiatan kesejahteraan yang baik dan hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan pihak lain kepada perusahaan tersebut. 

  • Memberikan semangat lebih pada karyawan dan pihak terkait

Citra perusahaan yang baik adalah kebangaan tersendiri bagi karyawan serta pihak-pihak yang berkaitan dengan perusahaan tersebut. Dari dalam perusahaan, hal ini akan menambah semangat karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut dan berdampak pada peningkatan etos kerja juga produktivitas karyawan. Dari luar perusahaan, tawaran kerjasama akan meningkat dan perusahaan yang memiliki citra baik akan selalu dikenang oleh masyarakat luas.

  • Mengurangi resiko bisnis perusahaan

Bagi sebuah perusahaan, adanya program CSR dapat meminimalisir risiko bisnis. Dikarenakan, adanya program CSR dapat memberikan hubungan baik bagi perusahaan dengan pihak yang terlibat, sehingga risiko bisnis dapat ditangani dengan mudah dan juga biaya pengalihan risiko dapat digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat.

  • Melebarkan akses menuju pasar

Hadirnya program CSR, dapat membuat seluruh investasi yang dikeluarkan perusahaan menjadi kesempatan untuk mendapat akses pasar yang lebih luas. Selain itu, keputusan pembentukan CSR juga dapat membangun kesetiaan konsumen atas citra baik yang dihasilkan oleh perusahaan. (Artikel Kolaborasi Intan Widianti Kartika Putri dan Aulia Rahayu Pratiwi C / Ecolify)

 

Ecolify merupakan platform konservasi lingkungan yang akan menghubungkan perusahaan, komunitas, organisasi, brand hingga individu, untuk bersama menghijaukan Indonesia dengan prinsip keberlanjutan dan transparansi. Kami akan selalu membuka peluang kolaborasi dan membantu meningkatkan inisiatif Tanggung Jawab Perusahaan anda. Mari, bersama menghijaukan Indonesia karena Bumi layak mendapatkan pemulihan terbaik dari inisiatif kolaborasi penduduknya. https://ecolify.org


Kategori

Lihat Cerita Lainnya

Ecolify.org For Future Worth Living
Ecolify.org For Future Worth Living Ecolify.org For Future Worth Living

Ecolify adalah platform yang memudahkan organisasi, instansi dan perusahaan untuk menjalankan projek sosial penanaman pohon secara transparan dan berkelanjutan.

Hubungi kami

email:
kartika[at]lindungihutan.com

wa / phone:
+62 813 2918 1389

location:
Jalan Lempongsari 1 No. 405, Semarang, Indonesia

legal info:
Keputusan MENKUMHAM NOMOR AHU-0003033.AHA.01.04.

Ikuti Kami

Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living

LindungiHutan c 2020 - made with conscience "for a future worth living"