Hijaukan Citra Perusahaan Bersama Ecolify

Hijaukan Citra Perusahaan Bersama Ecolify

23 Apr 2020

Hijaukan Citra Perusahaan Bersama Ecolify

Corporate Social Responsibility (CSR) dalam sebuah perusahaan bukanlah hal yang asing lagi. CSR merupakan bentuk tanggung jawab sosial maupun lingkungan dari sebuah perusahaan terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, pemerintah, komunitas, dan juga masyarakat dimana perusahaan tersebut berdiri serta berkembang. CSR modern sendiri lahir sekitar tahun 1950-an dan berkembang hingga kini. Di zaman modern ini, CSR adalah perwujudan citra perusahaan yang harus ditingkatnya setiap waktu.

Lahirnya CSR modern ditandai dengan diterbitkannya buku “Social Responsibilities of The Businessman” karya Howard R Bowen pada tahun 1953 yang merupakan literatur awal sebuah CSR. CSR terus berkembang, dan pada September tahun 2000 Millenium Developments Goals (MDGs) yakni sebuah kesepakatan para kepala negara serta perwakilan 189 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan 8 pokok tujuan yang akan dicapai di tahun 2015. Kemudian, pada 2015 MDGs berakhir, dan sebagai gantinya, 193 negara, termasuk Indonesia, bersepakat mengadopsi agenda pembangunan global baru yang dikenal dengan Sustainable Development Goals (SDGs). SDGs terdiri dari 17 pokok tujuan yang akan dicapai pada 2030.

Berapa pokok tujuan pada MDGs sebenarnya dinilai belum tercapai, salah satu yang belum tercapai yaitu terkait kelestarian lingkungan hidup. Terkait masalah lingkungan hidup, perubahan iklim ternyata semakin nyata. Apabila tidak segera diatasi hal ini dapat mempengaruhi kelangsungan hidup generasi ke depan. Jika kita tidak merawat lingkungan dengan baik maka akan terjadi kerusakan pada lingkungan dan bumi, sedangkan tidak ada planet lain yang dapat ditinggali selain bumi. Oleh karena itu, dalam SDGs tercapainya pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang berkelanjutan sebagai penyangga seluruh kehidupan adalah salah satu pokok yang ditetapkan.

Baca Lainnya : Manfaat Perusahaan Melakukan Penghijauan Berkelanjutan

Bagaimana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dapat Hijaukan Citra Perusahaanmu?

Hijaukan Citra Perusahaanmu Bersama Ecolify

Bila kita tengok, saat ini kerusakan lingkungan yang terjadi berada pada level yang cukup serius dan mengkhawatirkan. Hutan-hutan banyak digunduli, Sumber Daya Alam (SDA) dikeruk tiada henti, pembukaan lahan untuk bisnis atau industri semakin sering terjadi, polusi udara akibat kendaraan bermotor atau asap dari pabrik semakin tak terkendali, juga limbah cair industri yang kerap mencemari sungai dan laut. Industri kerap kali menjadi penyebab kerusakan lingkungan ini. CSR Lingkungan hadir sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sekitar dan juga sebagai bentuk dukungan terwujudnya tujuan SDGs.

Aktivitas CSR yang baik dan tepat sasaran pastinya akan memberikan feedback berupa citra positif yang diharapkan perusahaan, tak terkecuali CSR Lingkungan. CSR Lingkungan dapat menghijaukan citra perusahaan. Bagaimana CSR Lingkungan dapat menghijaukan citra perusahaan?

  • Feedback Positif Dari Masyarakat

Masyarakat akan menilai sebuah perusahaan  salah satunya berdasarkan tanggung jawab perusahaan tersebut terhadap lingkungan. Perusahaan yang bertanggungjawab terhadap lingkungan secara tidak langsung meminimalisir terjadinya konflik lingkungan di sekitar perusahaan. Selain itu citra baik perusahaan juga terbentuk. Dalam program CSR Lingkungan ketika perusahaan turut andil menjaga kelestarian lingkungan, membuat masyarakat sekitar lokasi tersebut juga akan merasa diuntungkan dan lama kelamaan merasa seperti memiliki perusahaan tersebut. Ini akan membuat perusahaan lebih leluasa dalam menjalankan kegiatan di lingkungan tersebut

  • Hubungan Baik dengan Pemangku Kepentingan

 Dalam menjalankan usahanya, sebuah perusahaan tidak mungkin bergerak sendiri. Demikian pula dalam menjalankan program CSR di bidang lingkungan. Kerja sama dan  bantuan dari pemangku kepentingan seperti masyarakat lokal dan pemerintah sangatlah dibutuhkan. Keterlibatan pihak pemangku kepentingan dalam melakukan konservasi lingkungan memudahkan perusahaan dalam mewujudkan relasi yang baik dengan mereka. Secara tidak langsung, citra positif perusahaan juga akan terbentuk.

  • Melebarkan Akses Menuju Pasar

 CSR Lingkungan merupakan salah satu branding yang dapat diangkat perusahaan dalam memasarkan produknya. CSR Lingkungan dapat membuat nama perusahaan menjadi lebih terkenal dan dikagumi oleh masyarakat. Konsumen pastinya lebih memilih produk dimana perusahaan pembuat tampak peduli terhadap lingkungan dibanding dengan perusahaan yang terlihat tidak peduli terhadap lingkungan bahkan terus menerus merusak lingkungan tanpa memberikan tanggung jawab. Hal ini juga dapat menarik pangsa pasar yang lebih besar. Termasuk di dalamnya dapat membentuk loyalitas konsumen dan menembus pangsa pasar baru. Dalam hal ini, kemudian CSR Lingkungan dapat mendatangkan profit yang lebih bagi perusahaan.

  • Nilai Plus Dibanding Kompetitor

 Saat perusahaan melakukan CSR di bidang lingkungan, maka perusahaan tersebut akan memiliki kesempatan dalam menonjolkan keunggulan komparatifnya. Dengan begitu perusahaan dengan mudah mendapatkan nilai plus yang berbeda dengan para pesaingnya yang tidak melakukan kegiatan tanggung jawab terhadap lingkungan.

  • Peluang Mendapat Penghargaan

 Perusahaan yang memberikan kontribusi besar bagi masyarakat dan lingkungan melalui CSR berpeluang untuk mendapatkan kesempatan meraih penghargaan. Terlebih jika program yang digagas perusahaan berhasil dan memberikan efek positif. Penghargaan tentunya merupakan salah satu hasil dari kesuksesan program tersebut dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi perusahaan yang mendapatkannya. 

Hingga Saat Ini LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 45+ Lokasi Penanaman yang Ada

Dalam prosesnya kami juga melibatkan kelompok masyarakat setempat selama melakukan penanaman, pengelolaan, hingga monitoring pohon.

Apa yang LindungiHutan Lakukan? Hubungi Kami!



Kategori

Lihat Cerita Lainnya

Ecolify.org For Future Worth Living
Ecolify.org For Future Worth Living Ecolify.org For Future Worth Living

Ecolify adalah platform yang memudahkan organisasi, instansi dan perusahaan untuk menjalankan projek sosial penanaman pohon secara transparan dan berkelanjutan.

Hubungi kami

email:
kartika[at]lindungihutan.com

wa / phone:
+62 813 2918 1389

location:
Jalan Lempongsari 1 No. 405, Semarang, Indonesia

legal info:
Keputusan MENKUMHAM NOMOR AHU-0003033.AHA.01.04.

Ikuti Kami

Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living

LindungiHutan c 2020 - made with conscience "for a future worth living"