Program CSR Mesti Berbasis Lingkungan dan Berkelanjutan? Mengapa?

Program CSR Mesti Berbasis Lingkungan dan Berkelanjutan? Mengapa?

6 May 2024

Program CSR Mesti Berbasis Lingkungan dan Berkelanjutan? Mengapa?


LindungiHutan sukses menyelenggarakan webinar Green Skilling ke-4 yang bertajuk “Corporate Social Responsibility (CSR) Berbasis Lingkungan sebagai Salah Satu Solusi Bisnis Berkelanjutan” pada tanggal 20 April.

Acara webinar ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Green Skilling yang diinisiasi oleh LindungiHutan, fokus pada praktik program CSR dalam konteks bisnis yang berkelanjutan.

Tujuan utamanya adalah memberikan edukasi, wawasan, dan praktik terbaik kepada para pemangku kepentingan bisnis tentang dampak positif penerapan CSR terhadap operasional perusahaan dan lingkungan sekitarnya.

Turut hadir sebagai pembicara dalam kesempatan ini adalah Nor Qomariyah, S.Hi., MM., yang merupakan CSR Specialist dari PT Mitra Multi Indomining, yang memberikan paparan mengenai materi yang disampaikan.

CSR Perusahaan Berdampak dan Berkelanjutan

Nor memulai presentasinya dengan menekankan bahwa ada banyak entitas yang terlibat dalam merusak lingkungan saat ini, termasuk di antaranya adalah perusahaan-perusahaan.

“Melihat kerusakan lingkungan saat ini ada beberapa aktor yang andil dalam pencemaran lingkungan seperti perusahaan, pemerintah, dan masyarakat. Hal-hal yang terjadi karena kesadaran secara sosial yang masif sehingga perlu kita dorong untuk perbaikan bersama,’ Terangnya.

Corporate Social Responsibility atau program CSR telah menjadi salah satu strategi yang mengarah ke masa depan untuk memastikan keberlanjutan bisnis perusahaan dengan fokus pada menciptakan dampak positif dalam aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.

“CSR sebuah konsep yang memiliki banyak tanggung jawab yang diperuntukkan bagi stakeholder, konsumen, karyawan, shareholder, komunitas, dan keseluruhan aspek di perusahaan. Secara keseluruhan program CSR tidak hanya untuk memenuhi ekspektasi secara sosial saja tetapi penting untuk membina hubungan positif dengan stakeholders dan memastikan keberhasilan bisnis jangka panjang,” Sambung Nor.

Selain itu, Nor juga menggarisbawahi pentingnya keberlanjutan dalam pelaksanaan CSR, serta pentingnya melibatkan aspek sosial dan lingkungan dalamnya.



“Ngapain capek-capek CSR mesti berkelanjutan, kalau CSR ya CSR aja, kalau dulu gitu kan ya, ngasih-ngasih aja gitu selesai, tapi sekarang enggak, ada perubahan yang cukup signifikan dan didorong untuk menyeimbangkan antara lingkungan dan juga sosial, jadi tidak bisa dipisahkan sosial dan lingkungan itu sendiri,” Jelas Nor.

Pesan yang disampaikan oleh Nor tentu sesuai dengan kondisi di lapangan saat ini. Mengingat, dampak perubahan iklim yang makin nyata dan terasa, penting bagi perusahaan untuk menyelaraskan program CSR dengan kegiatan konservasi lingkungan sebagai salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut.

“CSR mencakup praktik bisnis yang berkelanjutan untuk menjaga bisnis tetap berjalan dan berkelanjutan salah satunya melaksanakan konservasi lingkungan dengan menerapkan praktik ramah lingkungan, mengurangi emisi karbon, meminimalkan limbah, menghemat air, dan menggunakan sumber energi terbarukan, sehingga memberikan dampak ekologis yang signifikan pada suatu bisnis,” Ucap Nor dalam webinar “Corporate Social Responsibility (CSR) Berbasis Lingkungan sebagai Salah Satu Solusi Bisnis Berkelanjutan”.

LindungiHutan Menanam 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman Bersama 500+ Perusahaan dan Brand


Kategori

Lihat Cerita Lainnya

Ecolify.org For Future Worth Living
Ecolify.org For Future Worth Living Ecolify.org For Future Worth Living

Ecolify adalah platform yang memudahkan organisasi, instansi dan perusahaan untuk menjalankan projek sosial penanaman pohon secara transparan dan berkelanjutan.

Hubungi kami

email:
kartika[at]lindungihutan.com

wa / phone:
+62 813 2918 1389

location:
Jalan Lempongsari 1 No. 405, Semarang, Indonesia

legal info:
Keputusan MENKUMHAM NOMOR AHU-0003033.AHA.01.04.

Ikuti Kami

Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living

LindungiHutan c 2020 - made with conscience "for a future worth living"