Live Planting, Rasakan Sensasi Tanam Pohon di Balik Layar

Live Planting, Rasakan Sensasi Tanam Pohon di Balik Layar

30 Jun 2020

Semarang - LindungiHutan sebagai sebuah Platform Crowdfunding, penggalangan dana online untuk pelestarian hutan dan lingkungan yang berfokus pada aksi tanam pohon sebagai salah satu upaya untuk mengembalikan fungsi lahan hijau di Indonesia dan mensejahterakan kehidupan petani bibit di sekitar wilayah konservasi, baru saja merilis inovasi terbarunya di bidang penghijauan dan teknologi. Live Planting atau penanaman real-time yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Inovasi penghijauan berbasis teknologi ini, digadang-gadang dapat menjadi ide kreatif yang mampu menyemarakkan kegiatan dari rumah ketika pandemi COVID-19 melanda.

Konsep Live Planting perdana LindungiHutan yang berlangsung pada tanggal 10 Juni 2020 lalu, dibawakan sesederhana mungkin sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat ikut serta menyaksikan tanpa adanya hambatan teknologi maupun lokasi. Live Planting kali ini disiarkan langsung dari pesisir Tambakrejo dalam aksi penanaman #RawatSemarang dan #BisaJagaLingkungan hasil kolaborasi bersama Kitabisa.com. On Air pula dari kantor LindungiHutan di Semarang, Chashif Syadzali selaku CTO dan Co-Founder LindungiHutan dan Kartika Putri selaku SEO Content Writer LindungiHutan, memandu narasi untuk para audiens ketika menyaksikan langsung jalannya aksi tanam pohon melalui akun Instagram LindungiHutan serta akun Instagram Ecolify Project.

Lainnya : Penjaga Tatanan Negara yang Nasibnya Abu-Abu

Bersama dengan 400 Sahabat Alam yang berpartisipasi secara online, Live Planting yang disiarkan mendapatkan beragam respon positif. Audiens yang bergabung, merasa live planting kali ini membuat mereka ingin ikut serta berpartisipasi pada aksi penanaman setelah pandemi berakhir.

Live Planting LindungiHutan saat Penanaman di Tambakrejo

Perjalanan dimulai saat team lapangan LindungiHutan menyuguhkan pemandangan dari dermaga di Pesisir Tambakrejo hingga ke lokasi penanaman. SPBU kapal dan bekas tempat pelalangan ikan yang hanya tersisa setengah tiang, sinar matahari yang terik tepat di atas kepala, ombak laut yang menghantam kaki, mewarnai penanaman 627 bibit mangrove hari itu. Ucapan semangat dari para audiens yang menonton, sahut-sahutan bermunculan menemani narasi yang dibawakan oleh Miftachur 'Ben' Robani selaku CEO dan Co-Founder LindungiHutan dari lapangan.

Berbagai macam pertanyaan terlontar, dukungan dan rasa ingin tahu terpancar, host di lapangan dan di kantor LindungiHutan bergantian menceritakan gambaran umum mengenai prosedur menanam mangrove sampai hal-hal yang harus dipersiapkan ketika ingin berpartisipasi dalam acara tanam pohon. Rasa ingin tahu audiens perlahan terpuaskan, gambaran alur penanaman yang selama ini hanya terbayang di pikiran, perlahan terealisasi di depan mata bersamaan dengan fenomena-fenomena sosial yang selama ini hanya mampu disajikan melalui kata-kata semata.

Hingga team lapangan kembali ke dermaga, puluhan audiens yang masih setia menonton merasa terpuaskan akan inisiatif di bidang penghijauan ini. Para audiens berharap, tidak hanya di Tambakrejo, untuk selanjutnya, diharapkan LindungiHutan kerap meluaskan akses live planting-nya di seluruh daerah di Indonesia.

Tanam Pohon di Tengah Pandemi

Kampanye Alam RawatSemarang dan BisaJagaLingkungan

Melalui program Live Planting, LindungiHutan ingin meningkatkan rasa peduli lingkungan para Sahabat Alam di tengah pandemi. Sekaligus menunjukkan bahwa saat ini pun, alam masih membutuhkan uluran tangan kita.

Mengkombinasikan teknologi serta platform yang tersedia, live planting diharapkan dapat menjadi akses edukasi bagi para Sahabat Alam yang belum pernah berkesempatan menanam bersama LindungiHutan. Sehingga, ketika pandemi ini berlalu, semakin banyak Sahabat Alam yang tertarik untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitarnya dan berkontribusi dalam aksi tanam pohon bersama LindungiHutan.

Team LindungiHutan yang menanam di lapangan juga menerapkan berbagai protokol kesehatan dan keselamatan yang dihimbaukan oleh Pemerintah setempat. Hand sanitizer, masker yang dilengkapi dengan face shield serta pembatasan partisipan yang hadir sudah direncanakan jauh-jauh hari. Demi menjaga kepercayaan mitra serta menanggulangi penyebaran wabah COVID-19.

Seluruh video live planting LindungiHutan dalam aksi tanam pohon di Pesisir Tambakrejo dapat diakses pada link berikut : Part 1 - Part 2. Tunggu kelanjutan program live planting LindungiHutan selanjutnya! (Intan Widianti Kartika PutriEcolify)


Ecolify merupakan platform konservasi lingkungan yang akan menghubungkan perusahaan, komunitas, organisasi, brand hingga individu, untuk bersama menghijaukan Indonesia dengan prinsip keberlanjutan dan transparansi. Kami akan selalu membuka peluang kolaborasi dan membantu meningkatkan inisiatif Tanggung Jawab Perusahaan anda. Mari, bersama menghijaukan Indonesia karena Bumi layak mendapatkan pemulihan terbaik dari inisiatif kolaborasi penduduknya. https://ecolify.org/getintouch


Kategori

Lihat Cerita Lainnya

Ecolify.org For Future Worth Living
Ecolify.org For Future Worth Living Ecolify.org For Future Worth Living

Ecolify adalah platform yang memudahkan organisasi, instansi dan perusahaan untuk menjalankan projek sosial penanaman pohon secara transparan dan berkelanjutan.

Hubungi kami

email:
admin[at]ecolify.com

wa / phone:
+62 813 9093 4705

location:
Jalan Lempongsari 1 No. 405, Semarang, Indonesia

legal info:
Keputusan MENKUMHAM NOMOR AHU-0003033.AHA.01.04.

Ikuti Kami

Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living

LindungiHutan c 2020 - made with conscience "for a future worth living"