Ecolify Mudahkan Program Penghijauan Perusahaanmu!

Ecolify Mudahkan Program Penghijauan Perusahaanmu!

21 Apr 2020

Perkenalkan, Ecolify. Sister Brand LindungiHutan yang akan mewadahi perusahaanmu untuk bersama menghijaukan dunia melalui program penghijauan dan konservasi lingkungan dengan sistem keberlanjutan dan tranparansi. Ecolify merupakan sebuah platform penyaluran dana CSR maupun hibah untuk konservasi hutan dan lingkungan. Berdasarkan pada nilai yang dipegang erat, 'for a future worth living', kami yang menginisiasi berdirinya Ecolify percaya bahwa masih banyak masalah pelestarian hutan yang belum terpecahkan, dan tidak akan pernah selesai hanya dengan menanam. Namun, pemeliharaan dan pemantauan pasca penanaman yang dapat mempengaruhi peningkatan ekonomi juga harus selaras dijalankan agar tercipta keberlanjutan hidup di hutan, maupun pada masyarakat sekitar. Oleh karena itu, dengan hadirnya Ecolify, diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat mengambil perannya masing-masing untuk saling dukung dan saling berkolaborasi.

Mengapa Kami Menginisiasi Terbentuknya Ecolify?

Lakukan Penghijauan untuk Keberlanjutan Perusahaanmu

Pilar Pembangunan Lingkungan pada empat pilar Sustainable Development Goals yang bukan tanpa alasan dibuat, memaparkan bahwa tujuan tercapainya pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang menyangga seluruh aspek kehidupan sudah seharusnya diwujudkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Berdasarkan poin ke-15 mengenai Ekosistem Daratan, kehidupan di Bumi bergantung pada tanah sama seperti bergantungnya manusia pada pada laut sebagai salah satu pusat mata pencaharian dan bahan pakan. Tumbuhan menyediakan 80% bahan makanan, dan manusia pada umumnya bergantung pada pertanian sebagai sumber penting perekonomian dan alat pembangunan.

Hutan mencakup 30% permukaan Bumi dan merupakan habitat bagi jutaan spesies serta menjadi sumber air serta udara bersih yang sangat penting untuk melawan perubahan iklim. Belakangan ini penurunan kualitas tanah dan hilangnya tanah yang dapat ditanami bibit baru mencapai 30 hingga 35 kali jumlah rata-rata sepanjang sejarah. Kemarau panjang dan perubahan lahan meningkat tiap tahun, menjadi 12 juta hektar. Berimbas pada komunitas miskin di seluruh dunia. 8.300 hewan yang diketahui, 8% telah punah, 22% berada di ambang kepunahan. (SDG's Bappenas)

Mengacu pada latar belakang dibentuknya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan mengenai Ekosistem Daratan tersebut, manusia seharusnya memiliki kepedulian dan kesadaran terhadap isu lingkungan di sekitarnya. Yang mestinya semakin meningkat sejalan dengan kerusakan lingkungan yang terus terjadi. Alam sudah terlalu jelas memberikan peringatan dini perihal Bumi yang sakit. Kita pun sudah semakin gerah berjalan di tengah kota pukul dua belas siang. Bercucuran keringat tanpa awan mendung maupun pohon yang melindungi. Dewasa ini, suhu di Bumi rata-rata telah meningkat sebesar 1,5 derajat Fahrenheit jika dibandingkan beberapa abad yang lalu. Suhu ini pun diperkirakan naik kembali pada seratus tahun kedepan, sebesar 0,5 derajat hingga 8,6 derajat Fahrenheit. (Tirto.id)

Salah satu cara memperbaiki lingkungan yang dapat dengan mudah dilakukan seluruh lapisan masyarakat adalah dengan melakukan kegiatan menanam pohon. Pohon meneduhi masyarakat, menghasilkan oksigen dan udara baru, serta berperan sebagai mitigasi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Namun, meskipun belakangan ini penanaman sebagai alternatif perbaikan lingkungan, menjadi tren yang dapat dengan mudah dijalankan oleh berbagai lapisan masyarakat, tak jarang pula terdapat satu dua pihak yang masih merasa kesusahan mengikuti prosedural penanaman mulai dari pencarian lahan, kerjasama mitra hingga pengadaan bibit.

Oleh karena itu, di bawah nama LindungiHutan sebagai platform crowdplanting penggalangan dana online untuk konservasi hutan dan lingkungan yang berdiri sejak tahun 2016 dan telah memiliki ribuan jejak penghijauan di Indonesia, Ecolify hadir untuk memecahkan susahnya alur prosedural penanaman  tersebut. Ecolify diinisiasi untuk menjembatani seluruh pihak agar dengan mudah menjadi  aktivis lingkungan. Karena kami percaya, setiap pemangku kepentingan memiliki peran penting untuk lingkungan di sekitarnya. Pun hadirnya Ecolify juga diharapkan mampu mendorong petani dan konservator agar berdaya dan dapat mengembangkan kawasan konservasinya masing-masing. Sekaligus memberi peningkatan nilai kepada petani dan konservator tersebut melalui teknologi, dengan penggunaan platform yang secara sistematis dapat membantu prinsip transpansi dan keberlanjutan.

Ecolify telah memiliki legal information atas nama Yayasan LindungiHutan berdasarkan akta Notaris Ida Widyanti, S.H No. 01 Tanggal 01 Maret Tahun 2018. Disahkan oleh Keputusan MENKUMHAM Nomor AHU-0003033.AHA.01.04 Tahun 2018. Sehingga, para partner yang telah maupun akan bekerjasama dengan Ecolify tidak perlu khawatir mengenai penggunaan dana konservasi yang telah diberikan. Karena Ecolify akan terus mengawasi jalannya kegiatan penanaman hingga prosedur pemantauan dan pemeliharaan.

Bagaimana Ecolify Dapat Membantu Menghijaukan Citra Perusahaanmu?

Rencanakan Penanamanmu Bersama LindungiHutan

Indonesia sebagai negara tujuan investasi internasional serta sebagai negara tujuan pemasaran produk dari negara maju, sangat sadar bahwa negaranya membutuhkan perangkat peraturan yang mendukung perlindungan kepada kepentingan domestik. Salah satu yang telah dilakukan Indonesia dalam rangka melindungi lingkungan dan ekosistem dari upaya pemanfaatan sumber daya alam agar dapat terjaga dengan baik, ialah mencantumkan ketentuan CSR atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Pasal 74 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas yang baru.

Dikutip dari Website resmi ditjenpp.kemenkumham.go.id, pada literatur manajemen perusahaan, tak jarang ditemukan istilah CSR atau Tanggung Jawab Perusahaan untuk masyarakat Indonesia maupun asing. CSR dapat dipahami sebagai sebuah bentuk relasi antar perusahaan dengan para pemangku kepentingan perusahaan tersebut. Perusahaan harus bertanggung jawab untuk menjamin bahwa kegiatan operasionalnya mampu menghasilkan barang atau jasa secara ekonomis, efisien, dan bermutu. Untuk menjamin kepuasan pelanggan disamping untuk meraih keuntungan. Perusahaan juga wajib mematuhi hukum dan seluruh peraturan Undang-Undang Nasional maupun daerah yang berlaku di negara. Seperti  mematuhi aturan hukum ketenagakerjaan, persaingan usaha yang sehat, perlindungan konsumen, perpajakan, pelaporan aktivitas perusahaan termasuk hak asasi manusia dan asas pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan berkelanjutan.

Konsep CSR atau Tanggung Jawab Perusahaan memperluas kewajiban perusahaan untuk peduli terhadap kemajuan dan kesejahteraan masyarakat lokal di sekitar perusahaan tersebut berada. Pada prinsipnya, adanya CSR bertujuan agar perusahaan dapat berkontribusi untuk kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Pelaku usaha serta badan usaha berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, diminta untuk bersama dengan Pemerintah mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat. Sebab, perusahaan secara etis sudah seharusnya memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan lingkungan.

Melihat betapa pentingnya keberadaan CSR, Ecolify yang memang diinisiasi untuk memudahkan jalannya program CSR di bidang Lingkungan Hidup, menawarkan beberapa hal yang dapat dipertimbangkan dalam pelaksanaan program kerja CSR. Diantaranya :

  • Sustainable Green Project

Ecolify yang berdiri di bawah naungan nama LindungiHutan, memiliki 14 titik lokasi penanaman yang siap ditanami kapan saja, dan tersebar di seluruh Indonesia. Ditunjang oleh keberadaan petani bibit yang kompeten sebagai mitra penanaman Ecolify. Hal ini dapat memudahkan perusahaan melaksanakan aksi penghijauan yang bekelanjutan.

  • Exclusive Event

Merencanakan Green Project perusahaanmu sendiri bukanlah hal yang mustahil jika bekerjasama dengan Ecolify. Dengan menjadi sponsor utama dalam sebuah aksi penanaman, menjadikan konsep ini sesuai bagi perusahaan yang ingin melunasi tanggung jawab sosial. Serta melaksanakan outing bersama karyawan perusahaan dan menelusuri alam lebih jauh lagi.

  • Percentage Profit

Perusahaan dapat memberikan sebagian profit untuk mendukung aksi penanaman yang dikelola oleh Ecolify. Selanjutnya, Ecolify akan memberikan laporan rutin mengenai perkembangan aksi penanaman tersebut. Sehingga perusahaan yang telah membagi profitnya, dapat mengklaim perkembangan pohon yang telah dibantu pertumbuhannya.

Keberadaan CSR dalam sebuah perusahaan di sisi lain dapat meningkatkan citra positif perusahaan itu sendiri. CSR dapat menciptakan brand image bagi perusahaan di tengah pasar yang kompetitif. Sehingga pada gilirannya, perusahaan tersebut akan mampu menciptakan customer loyalty dan membangun atau mempertahankan reputasi bisnisnya. CSR juga membantu perusahaan untuk mendapatkan atau melanjutkan license to operate dari Pemerintah maupun publik karenanya, perusahaan akan dinilai memenuhi standar tertentu dan memiliki kepedulian sosial. CSR secara singkat dapat menjadi iklan bagi produk perusahaan yang bersangkutan. Bekerjasama dengan Ecolify dapat mempermudah perusahaanmu untuk menciptakan program penghijauan untuk dunia sekaligus untuk perusahaanmu sendiri.

Ecolify akan membantu perusahaanmu menuntaskan kewajiban moral perusahaan dan memudahkan perusahaan untuk meraih keberhasilan secara komersial. Dengan tetap menghormati etika dan mengentaskan tanggung jawab sosial, sehingga Green Brand dan reputasi perusahaanmu akan meningkat di mata konsumen, karyawan dan masyarakat.

Ecolify Mudahkan Program Penghijauan Perusahaanmu!

Mudahkan Acara Penghijauan Perusahaanmu

Hingga saat ini, Ecolify akan terus membuka kesempatan kerjasama melalui program penghijauan dan penanaman serta konservasi lingkungan dengan semua pihak. Untuk menciptakan masa depan dunia yang lebih layak dijalani melalui berbagai peran. Setiap stakeholder memiliki peran yang sama pentingnya sesuai dengan budaya 'gotong royong' yang dapat mewujudkan hal ini secara sistematis.

Ecolify akan terus membantu menyalurkan ribuan bibit pohon dan menanam bersama ribuan relawan dari internal mitra korporasi. Maupun masyarakat umum di seluruh Indonesia. Wujudkan program penghijauan perusahaanmu, bersama Ecolify kembalikan hak perbaikan Bumi atas banyaknya kerusakan lingkungan yang terus terjadi! (Intan Widianti Kartika PutriEcolify)

 

Ecolify merupakan platform konservasi lingkungan yang akan menghubungkan perusahaan, komunitas, organisasi, brand hingga individu, untuk bersama menghijaukan Indonesia dengan prinsip keberlanjutan dan transparansi. Kami akan selalu membuka peluang kolaborasi dan membantu meningkatkan inisiatif Tanggung Jawab Perusahaan anda. Mari, bersama menghijaukan Indonesia karena Bumi layak mendapatkan pemulihan terbaik dari inisiatif kolaborasi penduduknya. https://ecolify.org


Kategori

Lihat Cerita Lainnya

Ecolify.org For Future Worth Living
Ecolify.org For Future Worth Living Ecolify.org For Future Worth Living

Ecolify adalah platform yang memudahkan organisasi, instansi dan perusahaan untuk menjalankan projek sosial penanaman pohon secara transparan dan berkelanjutan.

Hubungi kami

email:
admin[at]ecolify.com

wa / phone:
+62 813 9093 4705

location:
Jalan Lempongsari 1 No. 405, Semarang, Indonesia

legal info:
Keputusan MENKUMHAM NOMOR AHU-0003033.AHA.01.04.

Ikuti Kami

Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living

LindungiHutan c 2020 - made with conscience "for a future worth living"