Pantai Jungsemi, Kendal

Kendal, Jawa Tengah

cerita latar belakang

mengapa lokasi ini dipilih?

Kangkung merupakan nama salah satu Kecamatan yang terletak di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Wilayah di Kecamatan Kangkung sangat berkaitan erat dengan sejarah Mataram Islam saat penyerangan oleh Batavia. Kecamatan ini merupakan wilayah dataran rendah, dengan batas wilayah di sebelah Utara Kecamatan Kangkung adalah Laut Jawa, di sebelah Timur adalah Kecamatan Cepiring, di sebelah Barat berbatasan langsung dengan Kecamatan Wonosari dan di sebelah Selatan berbatasan langsung dengan Kecamatan Gemuh.
Di Kecamatan Kangkung, terdapat sebuah pantai yang sangat indah bernama Pantai Jungsemi. Pantai ini berada di Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Pesisir Pantai Jungsemi banyak tertanam tumbuhan bakau untuk mencegah abrasi di salah satu tempat wisata di Kabupaten Kendal tersebut.
Desa Jungsemi sendiri merupakan sebuah Desa di Kecamatan Kangkung yang terkenal sebagai Desa pencetak atlet Sepak Takraw yang prestasinya sudah menembus kancah Internasional. Dikutip dari situs SwaraKendal, saat ini Desa Jungsemi akan meluncurkan dua inovasi terbaru, yakni wisata pantai di Pesisir Kendal, serta minuman isotonik yang terbuat dari buah semangka dan buah melon. Wisata pantai yang mulai digarap, akan memadukan wisata religi sebagai alternatif fasilitasnya.
Kecamatan Kangkung memiliki satu dari enam Desa rawan terdampak abrasi akibat berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Ancaman ini juga kerap datang dikarenakan dua dari empat puluh kilometer panjang pesisir Kendal, rutin disinggahi rob.
Permasalahan utama Kecamatan Kangkung adalah anggaran Pemerintah untuk program Penghijauan dan Penyelamatan Pesisir yang terbatas. Untuk menangani hal tersebut, upaya terdekat yang dapat dilakukan adalah melakukan penanaman pohon jenis bakau atau cemara laut, karena pengadaan pemecah ombak atau sabuk pantai membutuhkan dana yang cukup besar.
Pemerintah Kendal berharap, selain upaya Penghijauan dari Pemerintah, kesadaran cinta lingkungan dari masyarakat sekitar hendaknya ditingkatkan karena Pesisir Kendal adalah harta berharga milik bersama.
Dampak abrasi tidak hanya berkisar pada kehilangan batas wilayah dan harta benda. Lebih dari itu, usaha dan bisnis serta kenangan yang dibangun oleh keringat dan kucuran air mata masyarakat sekitar dapat hilang dalam sekejap.


Pantai Jungsemi, Kendal

Jawa Tengah


ikuti perjalanan kami


lihat lokasi lain

Cagar Alam Mandor

Cagar Alam Mandor

Landak

Gunung Salak Endah, Bogor

Gunung Salak Endah,

Bogor

Gusung Muara Asamasam, Tanah Laut

Gusung Muara Asamasam,

Tanah Laut

Periksa detail layanan kami di pitch deck.

Ecolify.org For Future Worth Living
Ecolify.org For Future Worth Living Ecolify.org For Future Worth Living

Ecolify adalah platform yang memudahkan organisasi, instansi dan perusahaan untuk menjalankan projek sosial penanaman pohon secara transparan dan berkelanjutan.

Hubungi kami

email:
admin[at]ecolify.com

wa / phone:
+62 813 9093 4705

location:
Jalan Lempongsari 1 No. 405, Semarang, Indonesia

legal info:
Keputusan MENKUMHAM NOMOR AHU-0003033.AHA.01.04.

Ikuti Kami

Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living

LindungiHutan c 2020 - made with conscience "for a future worth living"