Gerakan Penghijauan yang Dapat Dimulai dari Diri Sendiri

Gerakan Penghijauan yang Dapat Dimulai dari Diri Sendiri

1 Apr 2020

Gerakan Penghijauan yang Dapat Dimulai dari Diri Sendiri


Penghijauan memiliki pengertian luas sebagai segala upaya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kembali kondisi lahan agar dapat bermanfaat secara optimal sesuai dengan fungsinya semula. Masyarakat yang masih peduli terhadap lingkungan, umumnya menginisiasi gerakan penghijauan dengan tujuan untuk menyembuhkan kondisi Bumi yang semakin rusak tiap tahunnya, serta memperbaiki kondisi iklim yang semakin tidak menentu akibat aktivitas harian manusia yang mencemari.

Penghijauan dapat dilaksanakan dengan menggunakan berbagai macam metode seperti; reboisasi untuk memperbaiki hutan yang gundul, penghijauan di wilayah pertanian dan pesisir, peremajaan wilayah di perkebunan dan perumputan di daerah peternakan. Pada pelaksanaan kegiatan penghijauan, berbagai macam tanaman ditanam berdasarkan fungsinya masing-masing. 

Selanjutnya: Jadilah Pelindung Alam Bersama LindungiHutan!

Kegiatan penghijauan biasanya dilaksanakan pada tempat-tempat yang belum banyak ditumbuhi pohon maupun tanaman pendukung lainnya. Selain itu, pada lahan perkotaan, kegiatan penghijauan biasanya dilaksanakan dengan beberapa alasan tambahan, seperti untuk menumbuhkan rasa cinta lingkungan di masyarakat, juga ditunjukkan sebagai bentuk kepedulian lingkungan dengan cara yang estetik. 

Manfaat Penghijauan


Penghijauan Sederhana Dapat Dimulai Dari Diri Sendiri

Pohon memiliki berbagai macam fungsi bagi lingkungan di sekitarnya. Dengan melakukan kegiatan penghijauan, secara otomatis kita juga ikut berkontribusi memperbaiki lingkungan dengan mengantarkan sebuah pohon, tumbuh untuk menyalurkan beribu manfaat.

Berikut beberapa manfaat jika kita ikut serta melaksanakan kegiatan penghijauan:

  • Kita dapat ikut serta mengurangi dampak bencana alam yang terjadi akibat pencemaran yang dilakukan oleh manusia

  • Kita dapat menjadi agen perubahan dengan mencegah iklim berubah terlalu cepat

  • Kita dapat ikut serta menjaga keanekaragaman satwa dan mencegah kepunahan habitat satwa tersebut

  • Kita dapat ikut serta mengurangi tingkat pencemaran udara, air dan tanah

  • Kita dapat ikut serta menyediakan pengetahuan kepada anak cucu dengan memberikan informasi mengenai keberagaman tumbuhan yang telah ditanam

Selanjutnya: Memantau Hutan Menggunakan Teknologi, Bisakah?

Belakangan ini, kegiatan penghijauan tidak melulu dilaksanakan di kawasan hutan. Secara sederhana, penghijauan juga kerap dilakukan dimanapun; pesisir, pekarangan rumah, halaman sekolah, pelataran kantor, pinggir jalan hingga sudut ruangan, dan kapanpun.

Penghijauan di wilayah pesisir dapat menyelamatkan masyarakat sekitar pesisir beserta habitat satwa perairan di dalamnya. Penghijauan di area pekarangan rumah dapat membuat rumah kita tampak lebih hijau di beberapa musim dan berwarna-warni ketika tiba saatnya bunga bersemi. Penghijauan di halaman sekolah membuat tingkat kepedulian dan cinta lingkungan adik-adik kita meningkat. Penghijauan di pelataran kantor, pinggir jalan, hingga sudut ruangan pun memiliki manfaatnya masing-masing, meskipun hanya untuk hiasan ruangan semata.

Memulai Gerakan Penghijauan Dari Diri Sendiri

Gerakan penghijauan

Ada banyak cara memberitahukan kepada masyarakat luas mengenai isu lingkungan disertai aksi cinta lingkungan di sekitar kita. Kita pun dapat melakukan beberapa langkah penghijauan sederhana yang dapat dilaksanakan di mana saja dan kapan saja. Beberapa contoh kecilnya:

  • Ikut membuat ‘Kampanye Alam’ pada website LindungiHutan dan menyuarakan pada sekitar bahwa masih banyak daerah di luar sana yang membutuhkan inisiator untuk pelaksanaan kegiatan penghijauan

  • Mulai menanamkan kesadaran pada diri sendiri dan sekitar bahwa naiknya suhu jam dua belas siang yang akhir-akhir ini terjadi, akibat banyaknya pohon yang ditebang untuk bermacam-macam alasan, sehingga kita pun harus mengembalikan pohon-pohon yang ditebang tersebut dalam bentuk kegiatan penghijauan berkelanjutan

  • Memulai penanaman kecil-kecilan dari sudut pekarangan, entah hanya berupa bunga hias maupun tanaman rempah seperti cabai dan jahe

  • Ikut serta dalam kegiatan penanaman yang diadakan oleh LindungiHutan. Secara tidak langsung, kontribusi kita dapat mempermudah saudara kita yang telah menggiatkan isu lingkungan di daerahnya (Artikel Kolaborasi Intan Widianti Kartika Putri dan Aulia Rahayu Pratiwi C / Ecolify)

Baca juga: Pelaksanaan CSR untuk Bantu Tingkatkan Status PROPER

Tertarik Menjalankan Program Penghijauan Bersama LindungiHutan

Hingga saat ini LindungiHutan menanam lebih dari 800 RIBU pohon di 50 lokasi penanaman yang ada. Dalam prosesnya, kami juga melibatkan kelompok masyarakat setempat selama melakukan penanaman, pengelolaan, hingga monitoring pohon.

Apa yang LindungiHutan Lakukan? Kontak Kami!


Kategori

Lihat Cerita Lainnya

Ecolify.org For Future Worth Living
Ecolify.org For Future Worth Living Ecolify.org For Future Worth Living

Ecolify adalah platform yang memudahkan organisasi, instansi dan perusahaan untuk menjalankan projek sosial penanaman pohon secara transparan dan berkelanjutan.

Hubungi kami

email:
kartika[at]lindungihutan.com

wa / phone:
+62 813 2918 1389

location:
Jalan Lempongsari 1 No. 405, Semarang, Indonesia

legal info:
Keputusan MENKUMHAM NOMOR AHU-0003033.AHA.01.04.

Ikuti Kami

Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living

LindungiHutan c 2020 - made with conscience "for a future worth living"