Kontribusi PT Bintraco Dharma Kuatkan Pesisir Indonesia

Kontribusi PT Bintraco Dharma Kuatkan Pesisir Indonesia

13 Mar 2020

PT Bintraco Dharma Tbk sebagai partner penanaman LindungiHutan, baru saja melaksanakan program kerja untuk CSR bidang Lingkungan Hidup yang dimilikinya. Program kerja tersebut berupa penanaman 1.500 pohon di Dusun Senik, Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Aksi yang dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2020 tersebut, sukses menjaring 50 peserta gabungan antara karyawan PT Bintraco Dharma Tbk dengan Relawan LindungiHutan Demak.

PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (PT Bintraco Dharma Tbk atau ‘Bintraco’; IDX: CARS) merupakan perusahaan induk yang bergerak di bidang otomotif dengan membawahi berbagai bidang usaha, seperti diler Nasmoco Toyota, pembiayaan Andalan Finance, distributor suku cadang Meka Adipratama, pembengkelan CARfix serta e-commerce CARSWORLD. 

Penanaman yang bertajuk ‘Dari Bintraco Grup untuk Alam’, merupakan salah satu bentuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Bintraco di bidang environment yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2020. Setelah sebelumnya, di bidang health dan education terdapat kegiatan pengabdian serupa yaitu donor darah dan pengembangan pendidikan di Indonesia.

Baca Lainnya : CSR Lingkungan Hidup Hijaukan Perusahaanmu

Pada bidang Pendidikan, terdapat kegiatan sosialisasi dan peningkatan fasilitas pendidikan, pengadaan program beasiswa kurang mampu, seminar dan edukasi pendidik di Indonesia. Sedangkan pada bidang kesehatan dan sosial, terdapat kegiatan penyuluhan dan peningkatan pelayanan kesehatan di Posyandu, donor darah, serta pembagian tali asih dan bantuan bencana alam. Pada bidang Lingkungan, PT Bintraco Dharma Tbk berkomitmen untuk menjaga kelestarian Lingkungan dengan cara menanam bibit Mangrove sebagai penguat pesisir Indonesia. 

Kontribusi Bintraco Dharma Kuatkan Pesisir IndonesiaB

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Jadi Lebih Mudah, Bersama Ecolify!

Kegiatan penanaman yang sekaligus dihadiri oleh Direktur PT Bintraco Dharma Tbk, Joko Tri Sanyoto bersama dengan segenap karyawan Bintraco, dianggap penting untuk dilaksanakan karena mengingat pencemaran lingkungan kerap terjadi belakangan ini, sehingga langkah pelestarian harus dilakukan selaras, agar pencemaran yang terjadi tidak berdampak lebih parah. Bintraco memilih penanaman Mangrove sebagai bentuk pelestarian lingkungan, mengingat selain fungsinya sebagai pemecah gelombang dan penetralisir limbah di laut, Mangrove juga sangat diperlukan sebagai habitat asli keanekaragaman hayati lahan basah. Mangrove dapat tumbuh dengan umur yang sangat panjang apabila disemai dan dirawat dengan baik. Oleh karena itu, Bintraco berkomitmen untuk mewujudkan pertumbuhan tanaman Mangrove yang baik demi Pesisir Indonesia. 

Dalam pembukaannya pagi ini, Joko Tri Sanyoto juga menyampaikan; ‘Dengan melakukan kegiatan CRS seperti penanaman yang saat ini akan dilakukan, Bintraco berharap dapat memberikan kontribusi untuk kelangsungan hidup ekosistem dan lingkungan secara berkelanjutan. Serta mempercepat terciptanya kawasan hutan mangrove yang saya yakini akan memberikan manfaat berlimpah bagi ekosistem di Pesisir Bedono, Sayung, Demak’.

Bintraco tidak hanya ingin mewujudkan baktinya terhadap masyarakat, melainkan juga terhadap Lingkungan. Melalui upaya penanaman mangrove, diharapkan pesisir Indonesia terhindar dari ancaman abrasi pantai yang belakangan ini menjadi momok masyarakat sekitar. (Intan Widianti Kartika PutriEcolify)

 

Ecolify merupakan platform konservasi lingkungan yang akan menghubungkan perusahaan, komunitas, organisasi, brand hingga individu, untuk bersama menghijaukan Indonesia dengan prinsip keberlanjutan dan transparansi. Kami akan selalu membuka peluang kolaborasi dan membantu meningkatkan inisiatif Tanggung Jawab Perusahaan anda. Mari, bersama menghijaukan Indonesia karena Bumi layak mendapatkan pemulihan terbaik dari inisiatif kolaborasi penduduknya. https://ecolify.org


Kategori

Lihat Cerita Lainnya

Ecolify.org For Future Worth Living
Ecolify.org For Future Worth Living Ecolify.org For Future Worth Living

Ecolify adalah platform yang memudahkan organisasi, instansi dan perusahaan untuk menjalankan projek sosial penanaman pohon secara transparan dan berkelanjutan.

Hubungi kami

email:
kartika[at]lindungihutan.com

wa / phone:
+62 813 2918 1389

location:
Jalan Lempongsari 1 No. 405, Semarang, Indonesia

legal info:
Keputusan MENKUMHAM NOMOR AHU-0003033.AHA.01.04.

Ikuti Kami

Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living

LindungiHutan c 2020 - made with conscience "for a future worth living"